Rabu, 12 Mei 2010

TIPS dan TRICK untuk BLACKBERRY


Berikut adalah Tip dan Trick bila BB lemot, hang, dan jam pasir, yang cenderung terjadi salah satunya karena banyaknya file ‘sampah’ di memory device kita.

Penyebabnya :

☑ Conversation yang tidak ditutup (BBM, YM, Gtalk, dll)

☑ Memori ‘history’ di browser yg jarang dihapus

☑ Memori ‘log event’

☑ Aplikasi yg dibuka bersamaan terlalu banyak, dsb...

Solusi paling tidak ada 7 cara :

1. Cache Cleaning:

Masuk ke browser —► Tekan logo  —► Pilih Options —► Pilih Cache Operations —► Tekan ke 4 tombol clear —► Selesai

2. Event Log Cleaning:

Homescreen —► Tekan tombol ALT (tahan) —► Tekan huruf L-G-L-G (secara berurutan) —► Tekan Logo  —► Pilih clear log —► Delete —► Selesai

3. Memory Cleaner:

Options —► Security Options —► Memory Cleaning —► Status disabled diubah menjadi enabled —► Perhatikan 4 baris dibawah menu memory cleaning, terdapat tulisan ’show icon on home screen’ tekan dan ubah 'no' menjadi ‘Yes’ —► Tekan tombol return (panah memutar) lalu save changes —► Kembali ke ‘homescreen’ dan cari ikon baru memory cleaner (iconnya mirip gambar printer, kemungkinan di folder Applications) —► klik —► selesai.

4. Matikan program yang tidak dipakai (background process)

Tekan Logo  agak lama (menu Switch Application) —► pilih program yang ada —► tekan singkat Logo  —►pilih Close (paling bawah) —► Ulangi lagi sampai semua program yang terbuka sudah di close.
Catatan: beberapa ikon program yang sudah di close mungkin akan tetap ada namun pindah urutan menjadi di akhir ketika logo  ditekan agak lama (menu Switch Application)

5. Program Tambahan yang dapat anda download dari:
http://www.emobistudio.com/download/memoryOTA_Personal/memoryup.jad
Silakan download dan install program tersebut. Setelah selesai install:

Klik icon MEMORY UP (biasanya tersimpan di folder Downloads) —► klik menu (logo ) —► pilih QUICK BOOST (tunggu bbrp saat sampai tulisan DONE) —► CLOSE

CATATAN:
Langkah no. 1 sampai 5 boleh dilakukan sering-sering.

6. Soft Reset:

Tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del —► selesai —►  akan restart (kalo di PC/Laptop dikenal dng istilah reboot).

7. Hard Reset:

Biasa dikenal pula dengan istilah cabut baterai. Tindakan ini dilakukan utk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama minimal 3 menit kemudian pasang kembali baterai.

CATATAN:
Untuk langkah no. 6 dan 7 tidak perlu dilakukan apabila  anda tidak nge-hang.

Selamat mencoba. R$D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar