Kamis, 22 April 2010

Blackberry, si HP Simalakama... Punya bikin pusing, ga punya bikin penasaran


Pertama dengar nama Blackberry saya ga pernah tertarik, boro-boro mikir bakal beli. Dalam pemikiran saya buat apa sih ?? Ribet-ribetin aja bawa tambahan pesawat HP satu lagi. Gila kali, bisa kaya koboi bawa pistol kiri kanan. Toh, kalau saya perlu sama orang tertentu tinggal telepon atau sms seperti biasa. Beres urusan.
Eh ternyata..., yang namanya bisnis di dunia “jaring-menjaring” itu memang ribet luar biasa. Akhirnya singkat cerita terpaksalah saya beli, demi menjaga nama baik dan “keamanan”. Yahh… daripada diomongin terus. Mending kalau di depan saya, lha kalau diomonginnya di “bawah” saya gimana?? Maksudnya ya itu, takutnya jaringan downline ngomongin saya pake Blackberry dan karena saya ga punya jadi ga bisa tau kalo diomongin di "bawah". Dan akhirnya saya pun jadi koboi, di kanan dan kiri pinggang tergantung sarung senjata modern bernama HP. Nasib... nasib...
Nah, penyiksaan itu ternyata ga sampe situ doang.
Kisah sengsara saya terus berlanjut...

Awal-awal pake Blackberry merupakan minggu penuh siksaan. Biasa nyetel alarm jam 8 pagi, eh si Bebe ini ternyata rajin banget... Jam 04.30 udah bunyi. Ga cukup sampe situ pake bergetar segala lagi... Ampunnnnn, mimpi indah jalan-jalan ke luar negeri dan dapat Villa terganggu hanya gara-gara udah ada yang ngirim berita di pagi buta, bukan karena salah ngeset alarm!!! Buseeetttt, saya pikir rajin amaaat nih orang. Ayam tetangga di depan aja belum bangun masa dia udah bangun... Celakanya, sampe lewat tengah malam, si Bebe masih gerak-gerak sambil bunyi. Waduhh... ada penunggunya kali nih saya pikir, tengah malem bunyi-bunyi sendiri. Ga taunya, giliran para “kalong” postingan sama “Batman”.... Wong ueedhaaannn…. Bukan tidur malah ngerumpi.....
Ternyata itu baru awal “siksaan” punya BeBe. Sepanjang hari, tiap berapa menit sekali, sang BeBe baru saya itu bunyi plus bergetar... Udah jadi kebiasaan saya buat selalu ngeliat HP kalo ada bunyi-bunyian. Pikir saya kali-kali aja pemberitahuan dari BCA bahwa saya menang undian mobil BMW seri 7, daripada nungguin reward Plan B Tianshi yang belum jelas kapan saya bisa dapet. Abis, punya donlen disuruh ikut plen B aja kaya orang disuruh terjun bebas ke jurang. Soal BMW dari BCA...., lho, jangan ketawa dulu... Nasib baik siapa yang tau??? Namanya juga kali-kali aja dapet...
Ehhhh, kagak taunya ternyata cuma postingan si Donlen buat Donlen lain. Cumi...cumi.... Gerutu saya. Parahnya, tiap beberapa menit sekali si Bebe tanpa ampun bunyi lagi bunyi lagi... paraaaaahhhhhhhh....
Sabaaar... sabaaaar... demi para jaringan donlenku tercinta, pikir saya. Yaaa berkorban dikit lah ga masalah.
Seminggu berlalu, SUMPAAAHHH.... Sudah mau saya jual lagi si Bebe sialan itu. Bayangin coba, ga peduli lagi ngapain. Mau lagi enak-enaknya nongkrong di WC keq, di tengah-tangah makan, nyetir, telpon, meeting, ngantuk, kerja, nonton, main sama anak,dan sebagainya.... si Bebe dengan “setia” membuat saya uueeeeeneeeeeeekkkk dengan bunyi dan getarannya.... Sueeerrr, nyesel saya punya BeBe...!!!!
Akhirnya, dasar Pemenang selalu berpikiran positip (ge-er mode On), ketika saya buka account Pesbuk saya, yang ga sebulan sekali saya buka, tiba-tiba gubraxxx… saya sadar bahwa selama ini yang TOLOL dan BODOH itu ternyata saya sendiri... hehehehe...

(Apa??? Ga tau Pesbuk??? Ente dari kampung mana sih sampe ga tau Pesbuk??? Itu loh yang hurup eF warna putih dengan bekgron kotak biru di internet... Ngerti kan sekarang?? Lha iya.... Dari tadi juga gue bilang Facebook. Emang tadi gue bilang apa??
Hehehe....peace....)

Kalo udah damai, saya lanjutin ya,
Apa bedanya sebuah Bebe dengan eFBe? Bedanya kan cuma di NADA PEMBERITAHUANNYA saja!!! Kalo account Pesbuk ada yang posting kan ga bunyi atau getar di “pinggang” kita. Kita bisa tau kalau kita sengaja buka dan baca account tersebut. Nah kan kalo Bebe kita set begitu juga bisa dong. Akhirnya, minggu-minggu penyiksaan pun berlalu dengan menyadari kesalahan yang saya lakukan sendiri. Saya set si Bebe jadi silent dan tanpa getar untuk Group Chatting, sedangkan untuk New Messages saya nyalakan agar Bebe saya hanya berbunyi atau bergetar kalau memang pesan itu khusus untuk saya. (Buat yang ga ngerti nyetingnya tanya, kalo malu nanya jual aja BeBe nya, beres). Saya juga hanya buka Group Chatting hanya kalau saya mau lihat saja. Jadi tidak setiap saat. Karena tidak ada bunyi atau getaran lagi yang memberitahu saya tentang postingan yang emang bukan khusus untuk saya, maka sayapun sekarang terbebas dari siksaan….

Akhiiiirrrrnya.... setelah wahyu turun melalui Pesbuk, maka terciptalah kedamaian di dalam dunia ini dan cerita tentang hari-hari bulan madu pertama saya dengan si Bebe berubah dari penuh kesengsaraan menjadi penuh dengan kedamaian dan penerimaan. And we live happily ever after....

Teman...,
Teknologi selalu datang dengan dua sisi, positif dan negatif. Kitalah sebenarnya kunci utama yang memilih hendak menggunakan yang mana. MASALAH UTAMA YANG SAYA LIHAT adalah bahwa sebenarnya KITALAH YANG BELUM SIAP menerima perkembangan teknologi tetapi malah seringkali menyalahkan teknologi itu sendiri. Saya pribadi sangat setuju dan sangat menganjurkan, apabila memungkinkan dan mampu, anda membeli dan memiliki teknologi yang lebih canggih, apapun bentuknya, termasuk Blackberry. Karena semakin mampu kita menggunakan teknologi canggih berarti semakin besar peluang kita menghadapi perkembangan modernisasi dunia alias tidak gaptek.
Apabila anda merasa terganggu dengan suatu hal, coba periksa dulu kembali ke diri sendiri, apakah anda sudah menggunakan teknologi tersebut dengan tepat sebelum anda dibuat frustasi oleh kemajuan teknologi. Sebab, percayalah, bila anda tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan, anda sendiri yang akan hancur. Makanya ada pepatah yang mengatakan, “tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri”. Maksud saya adalah, kalau BB saja sudah membuat anda frustasi, bagaimana dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini? Banyak teknologi baru yang PASTI DATANG dan suka tidak suka harus kita ikuti, yang bahkan namanya pun belum kita kenal saat ini.
Untuk komunitas BB yang sudah kita buat saat ini, saya mendesak semua orang, sesuai dengan kualifikasinya (CLa atau NxCL), untuk BEBAS BEREKSPRESI tanpa beban atau perasaan bersalah dalam melakukan posting.
Coba renungkan ini, bagaimana rasanya kalau setiap saat anda ingin posting sesuatu, ada keraguan di dalam hati anda dan anda selalu takut salah. Waktunya tepat ga ya? Kata-kata saya salah ga ya? Gimana kalau UL saya marah ya? dst... dll... dsb... Saya tidak tahu bagaimana dengan anda, tapi kalau saya yang seperti itu, PASTI saya jual BB saya dan saya tidak akan ikut lagi forum semacam itu, karena menakutkan bagi saya. Penuh dengan perasaan terancam dan ketakutan... Daripada punya BB tapi tidak berani posting karena takut, lebih baik tidak punya sekalian.

Oleh karena itu saya mendukung siapapun untuk bebas memposting T A P I dengan catatan bahwa postingan anda harus bertanggung jawab, tidak menyinggung SARA apalagi menjelek-jelekkan orang lain, kelompok, agama, atau siapapun D A N bertujuan untuk membentuk komunitas yang lebih erat dalam hubungan dengan UL-DL-XL.
Teman-teman, saya tahu dan sadar sesadar-sadarnya bahwa tujuan kita membentuk kelompok BB ini adalah untuk membangun bisnis jaringan. Saya minta anda untuk juga SADAR bahwa bisnis jaringan HANYA BISA BERKEMBANG DAN BERTAHAN LAMA kalau setiap orang yang terlibat, tidak perduli Upline, Downline, atau Crossline, dapat SALING MENGHORMATI dan MENGHARGAI dan membangun hubungan yang lebih erat dari sekedar hubungan bisnis. Karakter bisnis jaringan SANGAT berbeda dengan bisnis lainnya. Kalau orientasi anda hanya melulu kepada bisnis semata, saya berani bertaruh, jaringan anda akan lebih mudah hancur, minimal perkembangan anda akan lambat. Saya ingin bertanya pada anda, “apakah anda suka dengan orang yang cuma dekat dengan anda kalau dia dapat keuntungan saja, dan bila sudah tidak menguntungkan, anda ditinggalkan?” Apa bedanya dengan penjual biasa di toko atau di pasar? Tidak ada loyalitas dan kebersamaan. Ingat, kita TIDAK dapat menerapkan Manajemen Perusahaan konvensional atau bahkan struktur seperti dalam militer. Jaringan terdiri dari banyak kepribadian. Semakin anda fleksibel dan dapat menghargai perbedaan di jaringan, semakin besar pula jaringan anda. Semakin anda berusaha merubah karakter orang lain akan semakin frustasilah anda dan semakin berantakan jaringan anda karena secara tidak sadar anda telah menyaring jaringan anda dan hanya mau menerima orang yang setipe dengan anda. Secara tidak sadar anda telah menyingkirkan semua orang yang berbeda tipe kepribadiannya dengan anda. Coba anda cari satu saja buku positif atau pengembangan kepribadian yang mengajarkan anda untuk tidak menghargai perbedaan?
Pertanyaan saya lagi, “pernahkah anda berpikir apa yang akan terjadi kalau ini terduplikasi dan downline-downline anda hanya mau bekerjasama dengan orang-orang yang setipe dengan mereka? Mungkinkah kalau anda lebih fleksibel, anda sebenarnya bisa JAUH LEBIH BESAR dari pada saat ini?”
Saya tidak peduli tipe karakter kepribadian anda, dan saya tidak berusaha mengubah karakter anda tersebut. Saya hanya peduli kepada anda karena anda SUDAH BERADA DI DALAM JARINGAN SAYA dan saya merasa HARUS bertanggung jawab membuat anda berkembang, tidak peduli apapun posisi dan peringkat anda saat ini.
Saya menulis semua ini BUKAN untuk saya pribadi tetapi saya melihat sesuatu yang mendesak harus saya lakukan untuk membuat grup kita TERKOMPAK DAN TERBESAR di Unicore, bahkan di TIANSHI.
Saya menulis ini dalam kapasitas saya sebagai UPLINE anda semua dan tidak saya tujukan hanya untuk orang tertentu saja, tetapi untuk SELURUH JARINGAN SAYA.
Harap anda selalu ingat bahwa saya juga ingin MENJADI BESAR dan itu hanya dapat saya capai KALAU ANDA JUGA IKUT BESAR.
Saya minta anda semua untuk PERCAYA KEPADA SAYA DALAM HAL INI !!!
Selamat ber-BB-ria dengan kebebasan yang bertanggung jawab. Mari bersama kita bangun komunitas positif, penuh rasa kekeluargaan dan persahabatan, yang akan membuat semua orang kagum terhadap grup kita...!!!!

Saya BANGGA berjuang bersama orang-orang luar biasa seperti anda semua di komunitas ini.

R$D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar