Senin, 10 Mei 2010

Blackberry, the Sekuel....


Kisah ini adalah kisah lanjutan kehidupan saya setelah berdamai dengan si BeBe seperti yang saya bilang waktu itu: And we live happily ever after... (Lihat posting: Blackberry si HP Simalakama)
Nah... Ini nih yang ever afternya itu...
Masa bulan madu saya dengan si BeBe belum juga genap sebulan sejak saya menyadari bahwa saya seharusnya yang mengendalikan si BeBe, bukan sebaliknya, si BeBe yang mengendalikan kehidupan saya. Kan sejak sang wahyu yang turun melalui Pesbuk dulu, saya sempet hidup damai dan tenang dengan si BeBe tuh. Yaaa, namanya kehidupan...

Udah sering denger dari mana-mana khan bahwa kehidupan itu berputar seperti roda, kadang di atas kadang di bawah. Nah, kira-kira itulah yang terjadi dengan kisah cinta saya sama si BeBe tuh. Ternyata kehidupan saya yang tenang tenteram asri damai dan aman sentosa tidak berlangsung lama. Sejak saya mematikan semua nada pemberitahuan, termasuk tanda getar, untuk seluruh Chatting Group (BlackBerry Messenger Groups), saya bisa lebih santai menikmati si BeBe. Gimana ga santai, wong sebelumnya saya punya 30 Group Chatting, bayangin aja sendiri kapasitas Group Chatting si BeBe aja sampe mentok. Akhirnya nada pemberitahuan dan tanda getar hanya saya nyalakan untuk Chatting Pribadi saja (yang kalo bahasa "Jawa"nya si BeBe disebut dengan BlackBerry Messenger New Messages atau bahasa resmi hariannya disebut "Japri" atau Jalur Pribadi). Jadi BeBe saya pasti bunyi hanya kalau ada pesan yang khusus buat saya aja. Memang pesan pribadi tidak seramai pesan grup, namun tingkat prioritasnya jauh lebih tinggi, makanya saya pasti selalu melihat ke BeBe kalo dia berbunyi.
Nah, ternyata diluar sana ada aja yang namanya orang pengangguran iseng bin jail kutu kupret itu, yang karena kagak ada kerjaan jadi pikirannya mainin orang melulu. Orang macam gitu tuh yang ciptain Hoax di fasilitas jejaring sosial termasuk BeBe. Mereka itulah yang membuat banyak macam berita palsu yang keliatannya beneran. Seringkali juga bentuknya seperti motivasi, renungan, petunjuk, dan lain sebagainya. Tujuannya ga lain dan ga bukan, senang kalo postingannya yang boongan itu nyebar kemana-mana.
Coba bayangin aja, masa bikin cerita baguuuss bangeeet sampai saya terharu. Cerita tentang ibu, ehh, ujung-ujungnya nulis gini, kalo anda mengirimkan cerita ini kepada 20 orang atau lebih maka berarti anda sayang sekali dengan ibu anda, kalo anda tidak mengirimkan kembali cerita ini, berarti anda tidak sayang ibu anda. Gubraxxxxx..... Awalnya begitu menggugah, akhirannya begitu mengganggu. Masa sayang mami ukurannya postingan BeBe..??? Absurd, oon bin dodol tuh orang... Berarti kalo dia kirim banyak-banyak tuh postingan terus otomatis dia sayang sama maminya gitu? Hehehehe... Saya tersenyum kecut, antara geli, marah, dan kasian sama maminya tuh orang yang nulis kaya gitu. Kasian, karena rasa sayang ke maminya hanya ditunjukkan dengan ngirim postingan, yang sebenernya memang bagus, tapi akhirannya menyeballlllkkaaannnnnn.
Ada lagi postingan tentang agama. Mirip-mirip tuh. Di awal sih keren betul sampai membuat saya "bertobat", tapi begitu di akhirnya bilang bahwa kalau saya gak forward berita tersebut akan terjadi sesuatu yang kesialan yang menimpa saya dan kalo saya forward ke banyak orang saya bakalan dapat rahmat atau keberuntungan atau berkat. Gak pake pikir panjang langsung saya apus tuh berita. Abisnya walaupun kemungkinan besar saya adalah tipe orang yang bakal dicegat malaikat di pintu surga karena gak terlalu religius, tapi saya tetap percaya bahwa Tuhan tidak akan menilai saya dari postingan di BeBe atau di email doang. Kalo emang bisa gitu, besok saya mau korupsi, nipu orang, nyolong duit, dan kalo perlu ngerampok bank atawa ngebunuh orang kaya dan ngambil hartanya, trus saya kirim email atau posting BeBe sebanyak-banyaknya, trus udah deh, duduk manis, tenang, diem, trus masuk surga. Wah gampang banget ya. Dasaaaarrr IDIOT !!!
Nih ada satu lagi tipuan belum lama ini. Ceritanya ada yang buat gambar corat-coret ga karuan persis kaya anak playgroup disuruh ngewarnain. Trus ada penjelasan bahwa kita mesti ngirim ke semua kontak BeBe lewat "Japri" dan nanti kontak nama kita bakal tersortir. Begitu liat aja saya udah tahu itu "bullshit". Mana ada message yang kita kirim bisa berubah bentuk jadi program. Makanya gitu terima dari satu kontak di BeBe saya, ya saya bales dengan penjelasan panjang lebar bahwa itu hoax. Eh, belum juga jempol lepas dari keypad, si BeBe bunyi lagi, yang artinya ada pesan melalui Japri saya. Kirain orang kantor pusat, yang memang ada dalam kontak BeBe saya, ngasih kabar dapet reward lagi. Eh ga taunya si corat-coret itu nongol lagi. Sabaaarrr. Orang mesti punya pikiran positip kan?! Taaapiiii, masalahnya adalah kalo cuma dua atau tiga pesan masih OK. Nah kalo yang ngirim udah belasan gimana? Yang positip ya gondoknya !! Leher saya berasa tambah gede. Saya mau marah tapi ga tau mesti ke siapa.... Sebenarnya bukan bunyi atau getarannya yang mengganggu saya, tapi perasaan dikalahkan oleh para hoax-er (istilah saya sendiri) itulah yang membuat saya kesal. Saya merasa mereka pinter keblinger bisa membujuk orang untuk mengirim hal yang tidak penting lewat Japri yang notabene saya selalu menganggap sebagai jalur penting prioritas nomor wahid untuk saya. Coba bayangkan, kalo seandainya banyak hal bullshit yang masuk ke Japri. Kan bisa-bisa si Japri saya silent juga atau kalau gak di silent mungkin lama-lama saya jadi cuek kalo Japri bunyi atau getar. Bahaya nasional tuh kalo seandainya saya sudah mulai biasa cuekin ternyata sewaktu-waktu beneran ada berita penting di Japri. Itulah yang bikin saya keseeeelll banget sama para hoax-er yang pengangguran kaya kutu kupret itu. Ga pada mikir kali ya akibat yang bisa mereka timbulkan dengan perbuatan iseng mereka. Saya pribadi sebenernya juga sering banget chatting di Group Chatting dan terlibat hanya dengan beberapa member saja dari puluhan yang ada. Tapi saya selalu berpendapat bahwa di Group Chatting no problemo ngelakuin hal kaya gitu karena kalo orang udah bersedia join di grup tersebut berarti dia sudah tau konsekuensinya pasti akan banyak yang chatting jadi bakal banyak sinyal masuk atau getaran di BeBe nya dia. Beda halnya sama Japri dong. Tul ga Bro?
Eh... Dasar memang orang positip tuh pasti punya kelebihan (ge-er mode on lagi nih). Gini nih ceritanya...
Di suatu malam yang penuh bintang,
dengan iringan desiran angin sepoi-sepoi,
di bawah remang cahaya rembulan...
Ahhhh... Stop stop stop. Koq jadi puitis sich..? Udah-udah, yang bener gini nih, suatu malem lagi kesel gitu saya merenung karena ga bisa tidur. Saya pikir rugi bandar kalo saya kesel sendiri. Kan saya ga mungkin protes satu-satu sama kutu kupret. Selain ga tau siapa juga karena mereka tuh pasti banyak jumlahnya. Sampe kiamat ga bakal abis-abis saya racunin juga. Jadi lebih baik kan saya melakukan apa yang pasti bisa saya lakukan aja. Saya pikir, kalo kontak BeBe saya kan jumlahnya jauh lebih dikit daripada gerombolan si kutu kupret dan orang-orangnya pasti saya kenal. Mendingan saya "mendidik" mereka aja daripada kesel sama para hoax-er sambil terus mikirin gimana cara bales dendem sama mereka. Bener ga Bro? Nah akhirnya, setelah mendapat pencerahan itulah saya menuangkannya disini buat para bro and sis saya semua. Akhirnya, sekali lagi, saya mulai mendapat ketenangan berhubungan dengan BeBe saya...

Kawan,
Saya ingin mengatakan bahwa segala sesuatu itu mempunyai dua sisi yang berbeda. Panas-dingin, siang-malam, keras-lunak, baik-buruk, dan sebagainya. Kita tidak pernah bisa mengerti apa yang disebut panas kalau kita tidak pernah merasakan dingin.
Sama halnya dengan teknologi jejaring sosial. Banyak hal positif dan negatif di dalamnya. Saya ingin anda semua untuk tidak memusuhi teknologi tetapi memakainya dengan bijaksana karena yang sesungguhnya terjadi adalah teknologi dapat menjadi penghancur yang mematikan atau pembantu yang memberdayakan. Andalah operatornya. Andalah yang harusnya menentukan. Bukan teknologinya.
Saya ingin mengajak anda semua menjadi lebih bertanggung jawab, bukan karena saya merasa lebih superior daripada anda, tapi karena saya ingin cita-cita kita membentuk komunitas pembangun aset menjadi realita, yaitu para pembangun aset yang dewasa, bukan dari segi umur tapi lebih kepada mentalitas kita. Salah satunya adalah apakah kita menggunakan teknologi secara bertanggung jawab atau tidak. Saya tidak ingin membatasi anda agar tidak mengirim berita, saya juga tidak ingin membuat anda takut untuk mengirim lewat jalur pribadi, tetapi saya ingin anda menganalisa semua hal yang anda terima sebelum anda teruskan ke orang lain. Kalau kita bisa melakukannya, berita-berita hoax itu malah akan menjadi latihan yang sangat baik bagi kita untuk meningkatkan kemampuan analisa dan logika kita mengolah fakta. Mari bersama-sama kita bangun Asset Builders Community kita. Kita adakan perubahan positif, mulai dari diri kita, dan kita tularkan kepada lingkungan kita. Saya percaya bahwa bersama-sama kita pasti mampu.
Senang dan bangga bisa berada di tengah-tengah anda semua. SUKSES !!!

R$D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar